Image Load

Hello world,

Angular sekarang ini sudah masuk pada versi stable 9.1.x (sudah ada versi 10.0.0-rc.0 yang tinggal menunggu saja versi stable-nya) dimana sebelumnya saya pernah membuat contoh dengan menggunakan versi 7.x. Sebelumnya saya hanya membuat 16 artikel untuk versi 7 karena kebutuhan untuk pelatihan hanya sampai segitu dan memang agak males melanjutkannya hehe. Kali ini berhubung versinya sudah naik 2 tingkat akhirnya saya ingin coba mempelajarinya kembali dan melanjutkan artikel sebelumnya agar bisa lebih lengkap sebagai catatan pribadi saya dan juga agar bisa berbagi juga.

Okey langsung saja tanpa perlu basa-basi mari langsung masuk ke pembahasan. Setelah saya coba install kembali angular CLI versi 9 ini memang sepertinya tidak ada perubahan pada tahapan getting started dimana kita tetap membutuhkan nodejs dan npm. Kalian bisa coba lihat juga pada contoh di sini.

Berikut hasil saya install.

Jika sebelumnya sudah terinstall versi 7 atau 8 pada laptop kalian maka tinggal diupdate saja versinya mengikuti ketentuan di sini.
Lalu apa yang baru pada Angular versi 9? Saya juga belum tahu karena saya juga baru buka. Kira-kira berikut keterangan yang saya termukan

  • Angular now compiles with Ivy by default. See the Ivy compatibility section.

  • CLI apps compile in AOT mode by default (which includes template type-checking). Users who only built with JIT before may see new type errors. See our template type-checking guide for more information and debugging tips.

  • Typescript 3.4 and 3.5 are no longer supported. Please update to Typescript 3.7.

  • tslib is now listed as a peer dependency rather than a direct dependency. If you are not using the CLI, you must manually install tslib, using yarn add tslib or npm install tslib --save.


Instalasi

npm install -g @angular/cli

Membuat aplikasi

Langkahnya masih sama dengan versi sebelumnya yaitu seperti berikut.

ng new contohapp

Lalu kita jalankan dengan cara berikut

ng serve --open

Setelah compiling selesai  maka akan terbuka pada url http://localhost:4200/ seperti berikut.



Selamat mencoba :)