Image Load

Hello world,

Codeigniter adalah salah satu framework PHP dengan model MVC untuk membangun website dinamis. CodeIgniter memudahkan pengembang web untuk membuat aplikasi web dengan cepat mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. Ada banyak library dan helper yang tersedia sehingga untuk fungsi-fungsi tertentu kita tinggal pakai saja.

Seperti framework-framework lainnya, Codeigniter juga memiliki ketentuan atau tata cara penggunaannya. Kali ini sebagai pembahasan pertama mengenai Codeigniter akan saya mulai dengan tahap instalasi dan bagaimana cara menggunakan Codeigniter. Oke langsung saja menuju contoh.

1. Download Codeigniter

Tahap pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan kebutuhan awal yaitu file Codeigniter yang dapat didownload di sini. Pada saat artikel ini dibuat kita menggunakan versi terbaru saat ini yaitu 3.1.11.

2. Extract Zip

Extract file zip yang berisi file dari Codeigniter tersebut ke dalam folder htdocs. Setelah diextract maka isinya adalah seperti berikut.


Dari sini kita sudah dapat mengakses project kita dengan membuka project di localhost/codeigniter-modul. Hasilnya akan seperti berikut.


Lalu kita bisa coba membuat halaman sederhana bernama "Hello World" yaitu sebuah halaman yang berisi text "Hello World". Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat sebuah halaman adalah membuat sebuah controller.

1. Buat sebuah file bernama Hello.php di dalam folder application/controllers/ kemudian isi dengan code berikut.

<?php
defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

class Hello extends CI_Controller {

public function index()
{
$this->load->view('hello_view');
}
}

2. Buat sebuah file bernama hello_view.php di dalam folder application/views kemudian isi dengan code berikut.

<html>
<head>
<title>Hello</title>
</head>
<body>
<h1>Hello World</h1>
</body>
</html>

3. Jalankan localhost/codeigniter-modul/index.php/hello/


Keterangan:

Dari controller di atas disebutkan bahwa controller bernama Hello yang extends ke CI_Controller akan memanggil function index (function index adalah yang akan dipanggil jika kita tidak memanggil fuction lain pada controller tersebut). Lalu $this->load->view('hello_view'); berfungsi untuk memanggil code html kita di dalam folder views (tidak perlu menambahkan extensi .php).

Selamat mencoba :)